Wednesday, April 22, 2015

MENGATASI MEMORI INTERNAL ANDROID PENUH PADAHAL APLIKASI SEDIKIT

Posting kali ini, saya hanya ingin sekedar berbagi solusi mengatasi memori Internal Android penuh padahal aplikasi yang di Instal hanya sedikit. Beberapa waktu lalu sempat agak heran kenapa Ponsel Android saya memori Internal cepat sekali penuh padahal aplikasi yang saya instal hanya sedikit dan semua aplikasi aplikasi tersebut sudah dipindahkan ke SD Card. Bahkan saya juga menghapus sebagian besar foto dan video rekaman yang ada pada Smartphone Android, setelah di cek di menu Storage pada System Settings, hasilnya tetap "Nihil", dan memori Internal tetap saja penuh (terpakai hampir 1 GB untuk aplikasi yang belum jelas dimana letaknya).


Untuk memeriksa lebih jauh, saya coba menghubungkan perangkat Android ke PC dengan menggunakan kabel USB. Setelah file dicek satu persatu, ternyata yang membuat penuh memori Internal hp Android adalah sebuah folder yang bernama .thumbnails. Pertanyaannya adalah, apa folder .thumnail tersebut ? seberapa pentingkah isi didalam folder .thumbnail untuk Android ? Dan apa akibatnya jika folder itu dihapus ?. Simak ulasan berikut :

MENGENAL FOLDER .THUMBNAIL YANG MENGHABISKAN MEMORI INTERNAL ANDROID.


Folder .thumbnail ini adalah sebuah folder yang terletak di dalam folder DCIM pada memori Internal Android. Folder .thumbnail berisi file .thumbdata dan icon icon foto / gambar dengan resolusi kecil yang muncul pada DCIM / Galeri. Fungsi dari icon icon yang ada pada folder .thumbnail tersebut adalah untuk menyimpan icon gambar dan foto di galeri sehingga jika kita membuka galeri maka proses loading lebih cepat. Selain itu, gambar / foto yang dihapus sebelumnya juga masih ada duplikatnya pada folder .thumbnail ini.

Namun, kerugian yang ditimbulkan adalah, file file dalam folder .thumbnail berukuran sangat besar bisa mencapai ratusan MB hingga lebih dari 1 GB, tentunya akan lebih besar lagi jika anda suka menyimpan banyak foto dan gambar pada Android. Dengan "termakan-nya" kapasitas memori Internal ini tentu akan menyulitkan kita untuk menginstall aplikasi baru atau menyimpan data baru, mengingat memori Internal pada Android sangat terbatas.

Nah, untuk mengatasi memori internal android yang penuh tersebut, kita harus MENGHAPUS semua file dalam folder .thumbnail. Lalu apa akibat yang ditimbulkan jika menghapus file dalam folder .thumbnail ? Pengaruh yang terjadi ketika menghapus .thumbnail adalah proses membuka foto dalam galeri akan melambat, ini hanya akan terjadi sesaat, dan akan kembali normal lagi.

Namun masalah lain akan kembali muncul ketika Anda membuka galeri, secara bertahap folder .thumbnail akan menghabiskan memori lagi, sehingga yang harus dilakukan adalah dengan menghapus file dalam folder .thumbnail lagi, lagi, dan lagi.

CARA MENGHAPUS FILE FOLDER .THUMBNAIL ANDROID


Anda bisa menghapus .thumbnail langsung dari perangkat Android atau melalui PC, dan berikut langkah langkahnya :

MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI ANDROID

1. Buka File Manager, kemudian pilih Internal Storage - Selanjutnya buka folder DCIM


2. Lalu buka folder .thumbnail dan Hapus semua file yang ada didalamnya.


MENGHAPUS MEMORI INTERNAL DARI PC

Hubungkan perangkat Android Anda dengan USB
Buka Explore
Selanjutnya pilih Media penyimpanan Android anda
Buka DCIM - kemudian hapus file yang berada pada folder .thumbnail

Begitulah cara mengatasi memori Internal Android yang penuh. Selain dari folder .thumbnail, penyebab memori internal pada Andrid penuh adalah terlalu banyak file yang disimpan atau terlalu banyak aplikasi yang di Instal, oleh sebab itu pergunakanlah aplikasi seperlunya saja seperti aplikasi penghasil uang Whaff :), agar kinerja android tetap Optimal. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment